Kamis, 15 November 2012

Cello Cello Cello

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT30AdFYZBi_ZzyixB7Vw3xMdyM9Vk3IvDGK7dbpeN_6d7bsKDm2Q
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Ucal mau nanya ada yang tau Cello ga nih? :p
Hayo anak musik pasti pada tau dong sama alat musik yang satu ini, alat musik gesek yang masih satu keluarga dengan biola ini sangat populer dalam banyak segi, bisa sebagai instrumen tunggal dalam musik kamar, dan juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern. Orang yang memainkannya disebut Cellis.
Sebenarnya nama Cello adalah singkatan dari bahasa italia yaitu violoncello yang berarti "violone kecil". Nah apa itu Violone? Violone adalah sebuah instrumen yang kuno, sebuah viol besar, yang mirip dengan bass modern.

 Cello biasanya dimainkan terkait musik klasik eropa. Ia adalah bagian dari orkestra standar dan memberikan suara bas dalam sebuah kuartet gesek, serta bagian dari banyak kelompok musik kamar. Sejumlah besar concerto dan sonata telah digubah untuknya. Alat musik ini kurang lazim dalam musik pop, namun kadang-kadang ditampilkan dalam rekaman-rekaman pop dan rock.
Di antara karya-karya Barok yang paling terkenal untuk cello adalah karya J. S. Bach Unaccompanied Suites for Cello, yang biasanya dikenal sebagai Bach Cello Suites. Sebuah contoh lagu era klasik adalah karya Haydn Cello Concerto #1 in C major. Repertoar standar era romantik termasuk Cello Concerto in B minor oleh Antonín Dvořák, Cello Concerto in E minor oleh Elgar, dan dua sonata oleh Brahms. Komposisi-komposisi modern dari awal abad ke-20 termasuk sonata-sonata cello tanpa iringan oleh Paul Hindemith (opus 25) dan Zoltán Kodály (opus 8). Rekaman-rekaman di dalam genre Avant Garde telah menghidupkan kembali keluwesan alat musik ini. Contohnya adalah Night of the Four Moons oleh George Crumb.

Sumber: http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar